Senin, 25 Juni 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (R P P)
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Satuan Pendidikan                : Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian           : Administrasi Perkantoran
Mata Diklat                            : Membuat Dokumen Sederhana
Kelas/Semester                      : X/1
Alokasi waktu                        : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)


A.    Standar Kompetensi :
Membuat Dokumen Sederhana

B.     Kompetensi Dasar :
Membuat Dokumen Massal dengan Konsep Mail Merge

C.    Indikator :
1.      Mengetahui kegunaan mail merge.
2.      Mengetahui langkah-langkah membuat surat dengan menggunakan mail merge.
3.      Mampu menggabungkan dokumen master dengan data source.

D.    Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar, diharapkan siswa dapat :
1.      Menggunakan menu Mail Merge untuk membuat dokumen massal.
2.      Membuat dokumen massal langkah-langkah yang baik dan benar.
3.      Menggabungkan dokumen master dengan data source.

E.     Materi Pembelajaran
1.         Definisi kegunaan Mail Merge pada program Ms. Word 2010
2.         Dokumen yang dibutuhkan untuk membuat Mail Merge
3.         Langkah-langkah membuat dokumen masal dengan konsep Mail Merge
4.         Menggabungkan dokumen master dengan data source

F.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Praktek langsung
3.      Tanya jawab

G.    Langkah-langkah Pembelajaran.
1.      Kegiatan awal/Pendahuluan (10 menit)
a.       Guru menyiapkan kelas (penyiapan sarana prasarana, LCD dan media pembelajaran).
b.      Peserta didik dan guru saling memberi/menjawab salam.
c.       Guru meminta kepada salah satu peserta didik untuk memimpin doa.
d.      Guru melakukan pengkondisian kelas dan menyampaikan topik serta tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan inti (70 menit)
a.       Menjelaskan kepada peserta didik tentang manfaat dan kegunaan membuat dokumen massal dengan konsep mail merge.
b.      Menjelaskan dengan memberikan contoh langkah-langkah membuat dokumen massal dengan konsep mail merge secara langsung kepada peserta didik.
c.       Memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik tentang materi yang telah dibahas.
3.      Kegiatan akhir/Penutup (10 menit)
a.       Guru meyampaikan tugas kepada peserta didik yaitu untuk membuat dokumen massal dengan konsep mail merge.
b.      Guru melakukan refleksi.
c.       Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas.
d.      Guru memberikan penguatan kepada peserta didik terkait dengan materi yang telah disampaikan.
e.       Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

H.    Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran :
Sumber:
1.    Modul Membuat Dokumen Massal dengan Konsep Mail Merge
2.    Modul Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak Pengolah Kata
3.    Internet
Alat:
1.    Personal  Komputer (PC)
2.    Laptop
3.    Jaringan Internet

I.         Penilaian
1.       Teknik penilaian
Praktek, Penugasan, Tes tertulis

2.      Bentuk Instrumen
Praktek , uraian.
3.      Instrumen
Lembar Observasi

No
Kegiatan
Skala Kuantitatif*)
Nilai 1
1
Membuat dokumen master menggunakan Ms Word 2010


2
Membuat data source dengan langkah-langkah yang benar


3
Menggabungkah data source dengan dokumen master



*) Skor kuantitatif disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam melaksanakan kegiatan yang diperintahkan.

Uraian
1.      Jelaskan manfaat dan kegunaan dari menu Mail Merge yang ada di Ms Word 2010!
2.      Jelaskan langkah-langkah membuat dokumen massal dengan konsep Mail Merge!


Yogyakarta, 25 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Diklat



                                                                                    Neni Uswatun Khasnah
NIP.                                                                            NIM. 10402241007

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus